Senin, 27 September 2010

Benda Asing di Saluran Nafas


Diskripsi
Benda asing di dalam suatu organ adalah benda yang berasal dari luar tubuh atau dari dalam tubuh, yang dalam keadaan normal tidak ada. Dari semua kasus benda asing yang masuk ke dalam saluran cerna dan pernapasan anak-anak, sepertiga di antaranya tersangkut di saluran napas.

Benda asing di laring dan trakea lebih sering terjadi pada bayi kurang dari setahun. Benda asing di bronkus paling sering berada di bronkus kanan, karena bronkus (kaliber jalan udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru) utama kanan lebih besar, mempunyai aliran udara lebih besar, dan membentuk sudut lebih kecil terhadap trakea dibandingkan bronkus utama kiri. Faktor-faktor yang memungkinkan masuknya benda asing itu antara lain; faktor personal, fisik, kejiwaan, kecerobohan, dan faktor dental.

Gejala
Gejala dari masuknya benda asing ke dalam saluran pernafasan ditunjukkan dengan penderita batuk-batuk hebat secara tiba-tiba, rasa tersumbat di tenggorok, bicara gagap, dan obstruksi jalan napas segera. Jika benda asing di laring dapat menimbulkan kematian akibat penderita tak bisa bernapas.

Pertolongan Pertama
Untuk pertolongan pertama, penderita dibalik tubuhnya, kepala di bawah dan kaki di atas tegak lurus, kemudian tengkuk dipukul sehingga benda asing yang dibattukkan dapat keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar