Minggu, 03 Oktober 2010

Faringitis-Viral


Deskripsi
Faringitis-Viral adalah peradangan pharynx (bagian tenggorokan antara amandel dan pangkal tenggorokan) yang disebabkan oleh virus. Selain virus, bakter juga dapat menyebabkan perdadangan. Namun yang paling umum penyebab peradangan adalah virus. Ketika di tenggorokan tidak ditemukan bakteri penyebab gejala, kemungkinan besar faringitis disebabkan virus. Peradangan ini mengkibatkan sakit tenggorokan. Faringitis dapat terjadi sebagai bagian dari infeksi virus yang juga melibatkan sistem organ lain, seperti paru-paru atau usus.

Gejala
* Sakit tenggorokan
* Ketidaknyamanan menelan
* Demam
* Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
* Nyeri sendi atau nyeri otot

Perawatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk faringitis virus. Perawatan yang dapat dilakukan sendiri antara lain berkumur dengan air garam hangat (satu setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat) beberapa kali sehari, dan memakai obat anti-inflammatory atau obat seperti asetaminofen, yang mengendalikan demam. Namun mengkonsumsi anti-inflamasi atau semprotan pelega tenggorokan secara berlebihan dapat bsakit tenggorokan parah.

Hal ini penting untuk menghindari penggunaan antibiotik saat sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, karena antibiotik tidak akan membantu, dan menggunakannya dengan cara memberikan kontribusi untuk bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik. Dalam beberapa kasus sakit tenggorokan (misalnya, pada mononukleosis menular), kelenjar getah bening di leher dapat menjadi membengkak, dan anti-inflammatory seperti prednisone dianjurkan untuk mempermudah pernapasan dan menelan.

Sumber: medlineplus dan healthguide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar