Minggu, 03 Oktober 2010

Gangguan Dasar pada Bayi



Deskripsi
Gangguan dasar adalah masalah interaksi sosial yang terjadi dimana kebutuhan dasar seperti kebutuhan fisik dan emosional bayi terabaikan. Gangguan dasar ini disebabkan oleh kekeliruan atau terabaikannya kebutuhan bayi untuk:
* Mendapatkan ikatan emosional dengan perawat utama dan kedua
* Makan
* Keselamatan fisik
* Sentuhan
Pengabaian pada bayi dapat terjadi bila:
* Pengasuh secara mental terbelakang
* Pengasuh tidak memiliki keterampilan mengasuh
* Orangtua terisolasi
* Orangtua masih remaja

Anak-anak yang diadopsi dari panti asuhan umumnya terkena gangguan ini, terutama jika mereka ditinggal orang tua mereka lahir pada minggu-minggu pertama dilahirkan.

Gejala
Pada Anak:
* Menghindari pengasuh
* Menghindari kontak fisik
* Kesulitan untuk tenang
* Melawan interaksi sosial
* Ingin sendirian

Perawatan
Pengobatan memiliki dua bagian. Prioritas pertama adalah memastikan anak saat ini dalam lingkungan yang aman di mana kebutuhan fisik dan emosional terpenuhi.

Langkah berikutnya adalah mengubah hubungan antara pengasuh dan anak, jika wali telah menyebabkan masalah. Kursus perawatan bayi dapat membantu mengatasi masalah ini. Keterampilan-keterampilan tersebut dapat memberikan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan anak dan membantu mereka ikatan dengan anak.

Pengasuh juga harus konseling untuk bekerja pada saat ada masalah, seperti penyalahgunaan obat atau kekerasan dalam keluarga. Pelayanan sosial harus mengikuti keluarga untuk memastikan anak tetap di tempat yang aman dan lingkungan yang stabil.

Orang tua yang mengadopsi bayi atau anak-anak dari panti asuhan asing harus menyadari bahwa kondisi ini dapat terjadi dan menjadi peka terhadap kebutuhan anak untuk konsistensi, fisik kasih sayang, dan cinta.

Sumber: medlineplus dan UMM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar