Minggu, 03 Oktober 2010

Gangguan Bicara


Deskripsi
Gangguan bicara merujuk pada beberapa kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan berkomunikasi melalui mulut. Berbicara adalah salah satu cara kita berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Berbicara juga salah cara yang efektif untuk memantau pertumbuhan normal dan pengembangan serta untuk mengidentifikasi potensi masalah pada anak.

Gangguan bicara itu antara lain gagap atau pengucapan (artikulasi) yang tidak pas. Bisa juga berupa gangguan suara di mana ada kelainan pada kualitas dan kenyaringan dari suara.

Ada banyak potensi penyebab gangguan bicara. Penyebab paling umum adalah keterbelakangan mental.Sedangkan penyebab lain meliputi:
* Attention deficit disorder (ADD)
* Autis
* Cerebral palsy
* Bibir sumbing
* Gangguan pada langit-langit mulut
* Gangguan pendengaran
* Skizofrenia
* Cedera pita suara

Perkembangan bicara yang tertunda adalah salah satu gejala umum dari perkembangan anak-anak yang mengalami penundaan. Sekitar 5-10% dari semua anak mengalami penundaan gangguan berbicara. Anak laki-laki lebih cenderung berpotensi mengalami gangguan ini.

Gejala
* Pengulangan suara, kata, atau frasa setelah usia 4
* Frustrasi ketika berkomunikasi
* Menyentak kepala sambil berbicara
* Mata berkedip sambil berbicara
* Malu berbicara

Perawatan
Pengobatan terbaik adalah pencegahan dan intervensi dini. Namun jika sudah terlanjur dapat dirawat dengan terapi berbicara yang membutuhkan waktu relatif lama dan dengan perawatan yang konsisten.

Sumber: medlineplus dan healthguide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar