Minggu, 03 Oktober 2010

Fibroadenoma


Diskripsi
Terkadang di payudara perempuan terdapat benjolan tak wajar. Bisa jadi benjolan tersebut adalah fibroadenoma. Fibroadenoma adalah benjolan padat kecil dan jinak payudara yang terdiri dari jaringan kelenjar dan fibrosa.

Gejala
Benjolan padat di payudara.

Pengobatan
Ada baiknya sebelum berkonsultasi dokter, memeriksa payudaranya sendiri. Berikut tipsnya:

Pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) penting untuk wanita. Caranya sangat gampang, berdiri depan cermin, buka pakaian atas lalu perhatikan payudara. Perhatikan dengan seksama apakah ukuran payudara antara yang kanan dan kiri berbeda. Perhatikan juga putting susunya, adakah yang tertarik ke dalam, atau perhatikan ada tidaknya cairan yang keluar dari putting susu. Perhatikan juga kulit puting susu berkerut atau tidak.

Selanjutnya, letakan kedua telapan tangan di tengkuk, lalu tarik. Perhatikan dengan seksama di cermin, apakah ada benjolan yang anaeh di bagian bawah payudara.

Masih di depan cermin, kedua tangan diletakkan di pinggang, condongkan badan ke arah cermin, lalu tekan bahu dan sikut ke arah depan. Perhatikan ukuran dan kontur payudara.

Berikutnya, angkat lengan kiri. Dengan menggunakan 3 atau 4 jari tangan kanan, telusuri payudara kiri. Gerakan jari tangan kanan tadi memutar lembdi sekeliling payudara. Mulailah dari tepi luar payudara lalu bergerak ke dalam sampai ke putting susu. Tekan perlahan, rasakan adakah benjolan atau massa di bawah kulit. Lakukan hal serupa pada payudara sisi kanan.

Selanjutnya, tekan putting susu secara perlahan dan perhatikan apakah keluar cairan dari putting itu, lakukan pada kedua putting susu baik kiri maupun kanan.

Terakhir, berbaring terlentang dengan bantal diletakkan di bawh bahu kiri dan lengan kiri ditarik ke atas. Telusuri payudara kiri dengan menggunakan jari kanan. Posisi demikian memudahkan untuk memeriksa payudara. Lakukan juga sebaliknya untuk payudara sebelah kanan.

Tapi jika tumor jinak tersebut makin mengeras dan tidak bisa hilang, disarankan untuk ke dokter untuk dilakukan pembedahan kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar